Mahasiswa KKN 17 Universitas Kuningan Laksanakan Pengabdian di Desa Sagalaherang

Pelepasan dan Penerimaan KKN UNIKU 2024

Pada hari Senin, 15 Juli 2024 Universitas Kuningan melepas mahasiswa secara resmi kurang lebih sebanyak 1081 orang untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “Menciptakan Masyarakat yang Sehat, Unggul dan Produktif Menuju Desa Bangkit Melalui
Pemberdayaan Masyarakat” serta program ini bertujuan unutk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Desa Sagalaherang menjadi salah satu Desa yang terpilih untuk menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 30 hari, terhitung dari tanggal 15 Juli sampai 15 Agustus 2024. Mahasiswa KKN disambut langsung oleh Kepala Desa sekaligus penerimaan secara simbolis yang bertempat di Aula Desa Sagalaherang.

 

Pelaksanaan FGD bersama perangkat Desa Sagalaherang

Selasa, 23 Juli 2024 mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertujuan untuk menyampaikan Program Kerja yang akan dilaksanakan. Ada beberapa program yang akan di

laksanakan, diantaranya; 

    1.  Penanaman Bibit TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

    2.  Peta Mitigasi Bencana

    3.  Pembelajaran Berbasis Teknologi

    4.  Seminar UMKM

    5. Penyuluhan Anti Bullying

    6. Website Desa

Program Kerja ini dirancang setelah melakukan observasi dan gali potensi desa, maka dari itu ada beberapa poin program kerja yang dikaitkan dengan tema Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

 

Pelaksanaan Program Kerja Penanaman Bibit TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

Rabu, 24 Juli 2024 melaksanakan program kerja pertama yaitu Penanaman Bibit TOGA. Penanaman dilaksanakan dan dikolaborasikan dengan Desa, bahkan bukan hanya itu warga sekitar pun ikut serta dalam penanaman ini sehingga penenaman bibit berlangsung ramai dan seru. Penanaman bibit TOGA bertujuan untuk menciptakan keluarga yang sehat serta suatu upaya pelestarian budaya leluhur dalam memelihara dan mempertahankan budaya masyarakat.

 

Pelaksanaan Program Kerja Penyuluhan Anti Bullying

Sabtu, 27 Agustus 2024 mahasiswa KKN melaksanakan program kerja kedua yaitu Penyuluhan Anti Bullying dengan tema “Berdiri dan Berbicara Melawan Bullying. Penyuluhan ini dilaksanakan ke beberapa Sekolah Dasar yang ada di Desa Sagalaherang diantaranya SDN 1 Sagalaherang, SDN 2 Sagalaherang, SDN 3 Sagalaherang dan SDN 4 Sagalaherang. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan supaya siswa-siswi sekolah dasar memiliki keberanian untuk melawan bullying atau perundungan, selain itu juga berharap supaya siswa saling peduli dan saling menghargai. Penyuluhan disambut dengan penuh kehangatan dan kegembiraan dari kepala sekolah, guru serta seluruh siswa sekolah dasar.

 

Pelaksanaan Program Kerja Pembelajaran Berbasis Teknologi

Senin, 29 Agustus 2024 melaksanakan program kerja ketiga yaitu Pembelajaran Berbasis Teknologi. Dalam kegiatan ini mengambil 2 sekolah dasar yaitu SDN 1 Sagalaherang dan SDN 4 Sagalaherang serta yang dilibatkan dalam program ini hanya kelas 5 saja. Mahasiswa KKN melaksanakan program kerja pembelajaran berbasis teknologi memiliki beberapa tahapan yaitu pada hari Senin, melakukan presentasi kepada kepala sekolah dan guru di SDN 1 Sagalaherang untuk menjelaskan terkait pembelajaran berbasis teknologi itu seperti apa serta kegunaannya untuk apa, selain itu juga memperkenalkan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran supaya terasa lebih asik dan menyenangkan. 

Selasa, 30 Agustus 2024 hari kedua melaksanakan program kerja Pembelajaran Berbasis Teknologi di SDN 1 Sagalaherang. Mahasiswa KKN langsung melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan aplikasi yang telah dikenalkan kepada kepala sekolah dan para guru. Mahasiswa KKN membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan siswa sekolah dasar kelas 5 serta aplikasi ini sebagai bentuk teknologi yang dapat dikembangkan oleh guru dalam melakukan pembelajaran yang asik dan menarik.

Rabu, 31 Agustus 2024 melaksanakan program kerja Pembelajaran Berbasis Teknologi di SDN 4 Sagalaherang. Pelaksanaan program ini berlangsung satu hari dan dibagi menjadi beberapa tim dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Ada yang melakukan presentasi pengenalan aplikasi pembelajaran kepada kepala sekolah dan guru, ada yang melakukan pembelajaran berbasis teknologi kepada siswa dan ada juga yang megisi ke ruangan kelas yang kosong. Pelaksanaan program kerja ini bertujuan supaya guru dan siswa mengetahui bagaiaman pembelajaran yang asik dan menarik serta memudahkan untuk melaksanakan evaluasi pemahaman siswa dalam pembelajaran.

 

Pelaksanaan Program Kerja Seminar UMKM

Jum’at, 02 Agustus 2024 melaksanakan program kerja Seminar UMKM bertema “UMKM Desa Sagalaherang Go Digital” kegiatan ini bertempat di Aula Desa Sagalaherang dan menghadirkan pemateri yang ahli dibidang tersebut. Dalam program ini, mengundang seluruh pelaku UMKM yang ada di Desa Sagalaherang serta bertujuan supaya pelaku UMKM terinspirasi dan terus semangat dalam meningkatkan usahanya. Mahasiswa KKN juga berharap supaya pelaku UMKM Desa Sagalaherang ini melesat dan berkembang luas di dunia digital sesuai dengan perkembangan teknologi.

 

Pelaksanaan Program Kerja Peta Mitigasi Bencana

Program kerja ini berlangsung setelah pelaksanaan FGD dengan perangkat desa dan dilaksanakannya secara bertahap serta memiliki beberapa proses dalam pengerjaannya. Peta Mitigasi Bencana ini bertujuan untuk menentukan perencanaan terhadap suatu wilayah yang berpotensi terkena dampak bencana serta untuk mengenali risiko sebagai bentuk penyadaran akan risiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainya. Peta Mitigasi ini diberikan kepada pihak Desa.

 

Pelaksanaan Program Kerja Website Desa

Terhitung dari pelaksanaan seluruh program kerja, program kerja website sama seperti peta mitigasi bencana karena pengerjaannya itu memiliki beberapa proses dan mulai dikerjakan setalah pelaksanaan FGD dengan perangkat desa. Website desa menjadi salah satu program kerja mahasiswa KKN dengan harapan adanya website ini desa menjadi jauh lebih maju serta seluruh informasi mengenai Desa Sagalaherang tersampaikan dan dapat dibaca, diketahui oleh semua kalangan bahkan seluruh dunia.

 

Lomba Mewarnai

Jum’at, 09 Agustus 2024 mahasiswa KKN mengadakan Lomba Mewarnai dengan sasarannya anak-anak TK Desa Sagalaherang. Lomba mewarnai ini diselenggarakan sebagai bentuk perpisahan dan hiburan kepada anak-anak TK serta bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan mempererat tali silaturahmi antar guru dan mahasiswa KKN. Dalam pelaksanaan lomba ini, memiliki beberapa aspek penilaian mulai dari pemilihan warna, ketepatan waktu pengerjaan, dan kerapihan dalam mewarnai

Share Berita